SEKILAS INFO
01-02-2023
  • 2 Tahun Yang Lalu / Terdapat Beberapa Tampilan Style Untuk Web Sekolahku Keren.
SEJARAH

MA ALKHAIRAAT TERNATE

Keberadaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate diawali dari Madrasah Mu’allimin 4 tahun untuk tingkat MTs serta 6 tahun untuk MA dan didirikan tahun 1966. Pada tahun 1974 untuk menyesuaikan dengan peraturan pemerintah (Depag RI) mengenai eksistensi dan status Madrasah Aliyah, maka dibukalah Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate. Teknik peralihan status dan peralihan siswa/i dari Mu’allimin ke Madrasah Aliyah  melalui ujian persamaan.Keberadaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate diawali dari Madrasah Mu’allimin 4 tahun untuk tingkat MTs serta 6 tahun untuk MA dan didirikan tahun 1966. Pada tahun 1974 untuk menyesuaikan dengan peraturan pemerintah (Depag RI) mengenai eksistensi dan status Madrasah Aliyah, maka dibukalah Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate. Teknik peralihan status dan peralihan siswa/i dari Mu’allimin ke Madrasah Aliyah  melalui ujian persamaan.

Pendirian Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate diprakarsai oleh H. Muhammad Said Abdullah dan Prof. Dr. H. Muhammad Noor Soleman. Madrasah ini tidak berdiri sendiri, namun berada pada sebuah yayasan Alkhairaat.

Sejak awal pendiriannya, Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate lebih banyak mengajarkan kurikulum pendidikan agama islam, seperti: tauhid, fiqih, tarikh tasyri’, Qawaid, bahasa arab, bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika dan beberapa mata pelajaran umum lainnya. Kemudian sejak diberlakukannya kurikulum 1975, maka Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate menyesuaikan diri dengan menerapkan tiga bentuk kurikulum, yaitu kurikulum yayasan, kurikulum Departemen Agama dan kurikulum Diknas. Kemudian sejak diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), maka Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate menyesuaikan diri dengan menerapkan dua bentuk kurikulum, yaitu kurikulum yayasan dan kurikulum Kementerian Agama

Sejak berdirinya hingga saat ini, madrasah aliyah alkhairat telah dipimpin oleh beberapa orang diantaranya:

1. H. Muhammad Said Abdullah

2. Prof. Dr. H. M. Noor Soleman

3. Drs. H. Salim M. Albaar

4. Abdurachman Assagaf, S. Ag., M.Pd.I

5. Suparno, S.Pd., M.Si